Langsung ke konten utama

PTPN IV Regional 4 Bantu Korban Banjir 3 Kecamatan di Sarolangun

  Sarolangun – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Regional 4 Jambi membantu sedikitnya 248 paket sembako lengkap untuk warga di kecamatan Limun, kecamatan Cermin Nan Gedang dan kecamatan Sarolangun kabupaten Sarolangun provinsi Jambi yang menjadi korban bencana alam banjir dari aliran sungai Batang Asai kabupaten Sarolangun. Ada sebanyak 248 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir yang dibantu Regional 4 dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang diperuntukkan bagi warga yang membutuhkan.



Bantuan bencana alam banjir untuk 100 KK warga desa Lidung kecamatan Sarolangun, 60 KK untuk desa Tendah kecamatan Cermin Nan Gedang, 60 KK warga desa Pulau Pandan kecamatan Limun dan 28 KK karyawan dan PKWT Kebun CNG PTPN Regional 4, diserahkan langsung Kasubag TJSL Regional 4, Sumarfin Purba pada Rabu (12/3/2025) di lokasi banjir. Paket sembako yang diserahkan terdiri dari beras 5 kilogram, minyak goreng 2 kilogram, sarden 1 kaleng besar serta 1 kardus mie instan.

“”Bantuan ini bentuk kepedulian kami dan empati terhadap warga yang menjadi korban bencana alam banjir di kabupaten Sarolangun. Bantuan ini sejalan dengan RKA program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Community Involvement Development (CID) 2025 pada pilar Sosial dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Ketika banjir besar seperti inilah RKA TJSL kami ini bisa berjalan maksimal dan diharapkan bisa meringankan beban korban banjir,”” kata Region Head Regional 4, Khayamuddin Panjaitan, pada Rabu (12/3/2025).

Region Head mengungkapkan, kondisi desa Tendah, desa Lubuk Resam Hilir, desa Pulau Pandan dan desa Lidung saat ini memang terendam banjir akibat curah hujan tinggi sejak l 27 Februari hingga 9 Maret 2025. Bencana alam banjir ini mengakibatkan warga banyak mengalami kerugian materi sehingga diperlukan bantuan berupa sembako untuk meringankan beban hidup dan dukungan moril kepada masyarakat untuk bisa pulih dan bangkit dengan cepat.

Menurut Khayamuddin, warga yang terdampak banjir meluapnya sungai Batang Asai akibat curah hujan yang tinggi sebulan terakhir , betul-betul sedang mendapatkan cobaan dan ujian kesabaran dari Allah SWT. Cobaan yang diberikan Allah SWT terlebih saat tengah melaksanakan ibadah puasa bulan Ramadhan, memang sangat dituntut kesabaran serta keikhlasan menerima takdir dari Allah SWT.

“”Kami datang membantu mencoba sedikit meringankan beban saudara kami di tiga kecamatan di Sarolangun. Kami merasakan apa yang dirasakan warga yang rumahnya terendam banjir, apalagi warga merupakan tetangga terdekat dari daerah opersional Regional 4 yakni Kebun Unit CNG, Sarolangun. Saya berharap kita makin sabar, iklash serta menerima semua kehendak Allah SWT dengan hati yang lapang,”” kata Region Head Regional 4, Khayamuddin Panjaitan.

Sementara, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cermin Nan Gedang (CNG), Ahmadi S Pd I, mengaku hampir sebagian desa yang ada di wilayah kecamatan CNG terendam banjir meluapnya air sungai dari hulu sungai Batang Asai ditambah curah hujan sebulan terakhir cukup tinggi. Air sungai yang meluap tidak hanya mengurus kebun-kebun warga tapi juga ternak serta rumah warga tersapu derasnya luapan air sungai.

“”Sambil membantu evakuasi warga, kami koordinasi dengan berbagai pihak untuk turun membantu. Alhamdulillah, Kebun Bukit Cermin PTPN Regional 4 cepat tanggap turun membantu kebutuhan pangan sebagian warga korban banjir. Bantuan dari Kebun Bukit Cermin setidaknya bisa mengurangi derita warga yang tetap khusyuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Terima kasih PTPN Regional 4,”” kata Sekcam Ahmadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT RPN Meresmikan Kios Kopyor Bogor yang Terletak di Kebun Percobaan Ciomas

  Bogor, 11 Juli 2024, Telah diresmikan Kios Kopyor Bogor yang berlokasi di Kebun Percobaan Ciomas Jln. Jabaru 2 No. 28, Pasirkuda Kota Bogor Barat yang dikelola oleh PPKS Unit Bogor-PT Riset Perkebunan Nusantara. Acara peresmian ini dihadiri oleh Komisaris Utama PT RPN, Sjukrianto Yulia; Direktur PT RPN, Iman Yani Harahap; SEVP Operation I PT RPN, Tjahjono Herawan; SEVP Operation II PT RPN, Misnawi; Wakil Kepala PPKS, Riza Arief Putranto; Kepala PPKS Unit Bogor, Agus Susanto; Inventor Kelapa Kopyor; Peneliti Senior dan IKBI PT RPN.   Hadir juga sebagai undangan Kepala BPSBP serta Kepala Bidang Pariwisata Kota Bogor.   Acara diawali dengan penampilan angklung dari Anfaya & Sixerhood Group yang membawakan lagu Nasional dan Lagu Daerah, momen tersebut sangat diapresiasi oleh Komisaris Utama PT RPN dalam sambutannya yaitu “Saya sedang membayangkan menikmati segarnya buah kelapa kopyor sembari diiringi merdunya suara angklung seperti tadi” ujar Sjukrianto.   ...

Direktur Operasional PTPN I Kunjungi Unit Kebun Regional 3

  Direktur Operasional PTPN I Bpk. Fauzi Omar didampingi Region Head Regional 3 Bpk. Tri Septiono dan Kepala Divisi Tanaman PTPN I beserta tim meninjau Unit Kebun Regional 3, diantaranya Kebun Merbuh, Kebun Balong, Kebun Getas dan Kebun Kawung (19 s.d 21 Juni 2024). Region Head Regional 3, Bpk. Tri Septiono dalam kesempatannya menyampaikan portofolio Regional 3 salah satunya komoditi karet. “Karet masih mendominasi di kisaran 75 persen dan kita akan menuju di 25.000 hektar total areal karet TM dan TBM, sehingga butuh TTI 1.200 – 1500 Ha per tahunnya.” tuturnya. “Kita dominasi karet, alasannya adalah yang pertama areal topografi kita yang relatif bergelombang, sedangkan untuk areal yang datar sudah ditanami tebu seperti halnya Ngobo dan Getas ini tidak mungkin ditanami tebu, karena disamping topografinya juga karena sangat dekat dengan pemukiman” tambah Bpk. Tri Septiono. Dalam kunjungannya ke Regional 3 Bpk. Fauzi Omar merekomendasikan beberapa langkah strategis untuk meningk...

Rumah Sakit Sri Pamela Group siap Tranformasi Layanan Rawat Inap Sistem KRIS BPJS Kesehatan

  Tebing Tinggi, 29 Juli 2024 — Dalam upaya terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat, Rumah Sakit Sri Pamela Tebing Tinggi dengan bangga mengumumkan penerapan sistem KRIS (Komunikasi, Rujukan, Informasi, dan SPM) BPJS Kesehatan untuk seluruh layanan rawat inap. Sistem ini diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam cara layanan kesehatan dikelola, memberikan pengalaman yang lebih efisien dan efektif bagi pasien dan keluarga mereka. Sistem KRIS BPJS Kesehatan adalah inovasi teknologi yang memungkinkan pengelolaan informasi dan administrasi kesehatan secara digital. Sistem ini mencakup beberapa fitur utama seperti pendaftaran pasien secara elektronik, rujukan antar fasilitas kesehatan yang lebih cepat, serta integrasi informasi medis pasien. Dengan adanya sistem ini, proses-proses administratif yang biasanya memakan waktu dapat diselesaikan dengan lebih efisien, mengurangi waktu tunggu pasien dan meningkatkan responsivitas layanan kesehatan. Selain itu...