Langsung ke konten utama

Kisah Semangat Pulih Korban Banjir Terparah di Sei Batu Langkah

  

Pekanbaru - Sub Holding PTPN IV PalmCo melalui PTPN IV Regional III yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau menyalurkan bantuan korban terdampak banjir di Kabupaten Rokan Hulu.



 

Bantuan dengan total mencapai setengah ton paket sembako, yang terdiri dari beras, gula, makanan cepat saji, telur, minyak goreng, dan lainnya disalurkan langsung kepada korban terdampak banjir di Sei Batu Langkah, Kabupaten Rokan Hulu.

 

Senior Executive Vice President Business Support PTPN IV Regional III Bambang Budi Santoso dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Selasa (4/3/2025) mengatakan banjir yang melanda komplek perumahan Afdeling I Kebun Sei Batu Langkah ini tercatat yang terparah selama 20 tahun terakhir.

 

Namun, meskipun banjir setinggi nyaris tiga meter dan menyebabkan kerusakan beragam perabotan, peralatan elektronik hingga kendaraan roda dua maupun roda empat tersebut, para korban terdampak tampak tidak larut dalam duka.

 

"Tadi saya ngobrol dengan ibu-ibu di sini. Mereka tampak tenang dan optimis meskipun dilanda banjir hampir tiga meter. Mereka bergotong-royong membersihkan rumah dan komplek bersama-sama, dan alhamdulillah kondisinya telah normal kembali saat ini," kata Bambang.

 

Pantauan di lokasi, tampak bekas ketinggian banjir yang berdampak terhadap 192 jiwa tersebut masih terlihat jelas di dinding perumahan hingga hampir mencapai atap. Alhasil, peralatan rumah tangga seperti tempat tidur, kursi, lemari dan lainnya basah dan hingga kini masih dijemur di depan rumah.

 

Tidak hanya peralatan rumah tangga, sejumlah perlatan elektronik seperti kulkas, televisi, komputer, kipas angin juga dipastikan rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

 

Uniknya, mayoritas peralatan elektronik dengan daya besar seperti kulkas dan pendingin udara merupakan peralat elektronik baru, mengingat komplek perumahan terse baru saja terpasang listrik dari PLN dua bulan terakhir.

 

Tak hanya itu,sejumlah kendaraan bermotor termasuk roda 4 turut terlihat teronggok dan mengalami kerusakan usai terbenam banjir yang berlangsung selama dua hari tiga malam sejak 27 Februari sampai 1 Maret kemarin.

 

"Yang terlihat di sini adalah jiwa korsa karyawan PTPN dalam menghadapi ujian. Mereka tidak larut dalam kesedihan, namun fokus untuk berbenah dan pulih kembali. Semangat ini yang patut kita contoh bersama," tuturnya.

 

Boru nainggolan, salah seorang ibu rumah tangga yang telah menempati komplek perumahan tersebut sejak 2004 silam mengakui bahwa banjir yang terjadi di akhir Februari kemarin merupakan yang terparah selama ia di sana.

 

"Kami sempat mengungsi di masjid karena rumah kami tidak bisa di tempati. Meski begitu, kami semua tetap tenag dan tidak larut dalam kesedihan, karena perusahaan begitu peduli terhadap kita semua," ujar wanita paruh baya itu.

 

Intensitas hujan tinggi menyebabkan lima daerah di Riau terdampak banjir. Selain Rokan Hulu, banjir juga terjadi di Pekanbaru, Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), dan Pelalawan.

 

Kepala Badan Kepala Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD dan Damkar) Riau M Edy Afrizal mengatakan banjir di sejumlah daerah selain disebabkan melubernya permukaan air sungai, juga disebabkan pembukaan pintu air di waduk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang serta kiriman dari provinsi tetangga. Akibatnya banjir pada sejumlah kecamatan di sekitar waduk dan aliran sungat semakin parah.

 

"Untuk Rohul selain akibat instensitas hujan tinggi, juga ditambah air kiriman dari Pasaman Sumatra Barat dan Padang Lawas Sumatra Utara (Sumut) yang secara geografis lebih tinggi. Sehingga menyebabkan melubernya air Sungai Rokan," kata dia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT RPN Meresmikan Kios Kopyor Bogor yang Terletak di Kebun Percobaan Ciomas

  Bogor, 11 Juli 2024, Telah diresmikan Kios Kopyor Bogor yang berlokasi di Kebun Percobaan Ciomas Jln. Jabaru 2 No. 28, Pasirkuda Kota Bogor Barat yang dikelola oleh PPKS Unit Bogor-PT Riset Perkebunan Nusantara. Acara peresmian ini dihadiri oleh Komisaris Utama PT RPN, Sjukrianto Yulia; Direktur PT RPN, Iman Yani Harahap; SEVP Operation I PT RPN, Tjahjono Herawan; SEVP Operation II PT RPN, Misnawi; Wakil Kepala PPKS, Riza Arief Putranto; Kepala PPKS Unit Bogor, Agus Susanto; Inventor Kelapa Kopyor; Peneliti Senior dan IKBI PT RPN.   Hadir juga sebagai undangan Kepala BPSBP serta Kepala Bidang Pariwisata Kota Bogor.   Acara diawali dengan penampilan angklung dari Anfaya & Sixerhood Group yang membawakan lagu Nasional dan Lagu Daerah, momen tersebut sangat diapresiasi oleh Komisaris Utama PT RPN dalam sambutannya yaitu “Saya sedang membayangkan menikmati segarnya buah kelapa kopyor sembari diiringi merdunya suara angklung seperti tadi” ujar Sjukrianto.   ...

Direktur Operasional PTPN I Kunjungi Unit Kebun Regional 3

  Direktur Operasional PTPN I Bpk. Fauzi Omar didampingi Region Head Regional 3 Bpk. Tri Septiono dan Kepala Divisi Tanaman PTPN I beserta tim meninjau Unit Kebun Regional 3, diantaranya Kebun Merbuh, Kebun Balong, Kebun Getas dan Kebun Kawung (19 s.d 21 Juni 2024). Region Head Regional 3, Bpk. Tri Septiono dalam kesempatannya menyampaikan portofolio Regional 3 salah satunya komoditi karet. “Karet masih mendominasi di kisaran 75 persen dan kita akan menuju di 25.000 hektar total areal karet TM dan TBM, sehingga butuh TTI 1.200 – 1500 Ha per tahunnya.” tuturnya. “Kita dominasi karet, alasannya adalah yang pertama areal topografi kita yang relatif bergelombang, sedangkan untuk areal yang datar sudah ditanami tebu seperti halnya Ngobo dan Getas ini tidak mungkin ditanami tebu, karena disamping topografinya juga karena sangat dekat dengan pemukiman” tambah Bpk. Tri Septiono. Dalam kunjungannya ke Regional 3 Bpk. Fauzi Omar merekomendasikan beberapa langkah strategis untuk meningk...

Rumah Sakit Sri Pamela Group siap Tranformasi Layanan Rawat Inap Sistem KRIS BPJS Kesehatan

  Tebing Tinggi, 29 Juli 2024 — Dalam upaya terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat, Rumah Sakit Sri Pamela Tebing Tinggi dengan bangga mengumumkan penerapan sistem KRIS (Komunikasi, Rujukan, Informasi, dan SPM) BPJS Kesehatan untuk seluruh layanan rawat inap. Sistem ini diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam cara layanan kesehatan dikelola, memberikan pengalaman yang lebih efisien dan efektif bagi pasien dan keluarga mereka. Sistem KRIS BPJS Kesehatan adalah inovasi teknologi yang memungkinkan pengelolaan informasi dan administrasi kesehatan secara digital. Sistem ini mencakup beberapa fitur utama seperti pendaftaran pasien secara elektronik, rujukan antar fasilitas kesehatan yang lebih cepat, serta integrasi informasi medis pasien. Dengan adanya sistem ini, proses-proses administratif yang biasanya memakan waktu dapat diselesaikan dengan lebih efisien, mengurangi waktu tunggu pasien dan meningkatkan responsivitas layanan kesehatan. Selain itu...