Langsung ke konten utama

Turut Aktif Dalam Seminar & Workshop Perumahsakitan PT SPMN Group Bersiap Untuk Transformasi Bidang Kesehatan di Era Digital

 


Di tengah gejolak transformasi digital yang melanda berbagai sektor, dunia kesehatan tak luput dari gelombang inovasi yang mengubah cara layanan medis disajikan. Sebagai langkah proaktif, PT SPMN Group, sebuah entitas di bawah payung Holding PTPN III (Persero), telah melangkah jauh untuk memperkenalkan solusi kesehatan terdepan kepada masyarakat. Pada bulan Februari 2024, PT SPMN Group merangkul revolusi digital dengan menghadiri acara penting yang diadakan oleh Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumatera Utara. Seminar dan workshop bertema "Kesehatan Rumah Sakit Dalam Transformasi Kesehatan Di Era Digital" ini menjadi platform penting bagi PT SPMN Group untuk berbagi visi dan pengetahuan dengan para pemangku kepentingan industri kesehatan. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari secara intens di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan Sumatera Utara.

Seminar & Workshop tersebut turut dihadiri oleh Direktur PT SPMN, Kepala Divisi Operasional Klinis, Kepala Rumah Sakit Sri Pamela Tebing Tinggi, Kepala Rumah Sakit Sri Pamela Sei Dadap, Kelapa Rumah Sakit Sri Pamel Membang Muda, Kepala Rumah Sakit Sri Pamela Torgamba dan Manajer Klinik Sri Pamela Aek Nabara. Mereka tidak hanya mendengarkan, tetapi juga berkontribusi aktif dalam diskusi yang menghidupkan topik-topik menarik seperti kesiapan rumah sakit dalam menghadapi tantangan era digital, strategi pemasaran dalam dunia yang semakin bersaing, hingga aspek hukum yang mengatur praktik kesehatan modern.

Salah satu sorotan utama dari kegiatan ini adalah penerapan rekam medis elektronik (RME) dalam mendukung sistem pelayanan kesehatan nasional, termasuk program i-Care JKN & Smart Claim. Hal ini menjadi langkah dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan.Berikut adalah materi yang dipaparkan dalam kegiatan tersebut, antara lain: Materi yang dipaparkan dalam kegiatan tersebut meliputi:

·       Kesiapan rumah sakit dalam transformasi kesehatan di era digital

·       Membangun tim work, kolaborasi, dan sinergi antar manajemen pelayanan medis

·       Strategi rumah sakit menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif

·       Kebijakan dan penerapan rekam medis elektronik (RME) di fasilitas pelayanan kesehatan

·       Penerapan RME dalam mendukung penerapan i-Care JKN & Smart Claim

·       Persiapan infrastruktur IT dalam implementasi SIMRS-RME di fasyankes

·       Penerapan etika rumah sakit untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien

·       Menaati regulasi perumahsakitan dan standar pelayanan rumah sakit

·       Pertanggungjawaban hukum rumah sakit atas kelalaian yang dilakukan SDM Kesehatan

·       Penerapan teknologi digital pada strategi pemasaran untuk memperkuat daya saing rumah sakit

·       Optimalisasi jaminan kesehatan nasional dengan pelayanan yang efektif dan efisien

·       Kiat rumah sakit dalam optimalisasi pemasaran bisnis di era digitalisasi

·       Update regulasi dan medical staf by law yang merujuk pada UU No. 17 Tahun 2023

·       Membangun good clinical governance yang baik, efektif, dan efisien

·       Memilih indikator sensitif pelayanan & asuhan keperawatan

·       Lesson learn dari audit asuhan keperawatan konsep dan implementasi

·       Lesson learn dari implementasi audit mutu pelayanan keperawatan

·       Audit klinis dan peran komite dan bidang keperawatan dalam audit pelayanan dan audit keperawatan.

Selain itu, PT SPMN Group juga mengambil langkah-langkah praktis dengan menerapkan berbagai sistem digitalisasi seperti SIM RS, SIM Klinik, PPAB Digital, DPBB Digital dan sistem Accurate pada keuangan. Langkah ini tidak hanya membawa efisiensi operasional tetapi juga meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada masyarakat. Dengan semangat inovasi PT SPMN Group siap menghadapi tantangan masa depan dalam dunia kesehatan yang semakin kompleks. PT SPMN Group membuktikan dirinya sebagai pelopor dalam membawa perubahan positif bagi layanan kesehatan masyarakat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PT RPN Meresmikan Kios Kopyor Bogor yang Terletak di Kebun Percobaan Ciomas

  Bogor, 11 Juli 2024, Telah diresmikan Kios Kopyor Bogor yang berlokasi di Kebun Percobaan Ciomas Jln. Jabaru 2 No. 28, Pasirkuda Kota Bogor Barat yang dikelola oleh PPKS Unit Bogor-PT Riset Perkebunan Nusantara. Acara peresmian ini dihadiri oleh Komisaris Utama PT RPN, Sjukrianto Yulia; Direktur PT RPN, Iman Yani Harahap; SEVP Operation I PT RPN, Tjahjono Herawan; SEVP Operation II PT RPN, Misnawi; Wakil Kepala PPKS, Riza Arief Putranto; Kepala PPKS Unit Bogor, Agus Susanto; Inventor Kelapa Kopyor; Peneliti Senior dan IKBI PT RPN.   Hadir juga sebagai undangan Kepala BPSBP serta Kepala Bidang Pariwisata Kota Bogor.   Acara diawali dengan penampilan angklung dari Anfaya & Sixerhood Group yang membawakan lagu Nasional dan Lagu Daerah, momen tersebut sangat diapresiasi oleh Komisaris Utama PT RPN dalam sambutannya yaitu “Saya sedang membayangkan menikmati segarnya buah kelapa kopyor sembari diiringi merdunya suara angklung seperti tadi” ujar Sjukrianto.   ...

Direktur Operasional PTPN I Kunjungi Unit Kebun Regional 3

  Direktur Operasional PTPN I Bpk. Fauzi Omar didampingi Region Head Regional 3 Bpk. Tri Septiono dan Kepala Divisi Tanaman PTPN I beserta tim meninjau Unit Kebun Regional 3, diantaranya Kebun Merbuh, Kebun Balong, Kebun Getas dan Kebun Kawung (19 s.d 21 Juni 2024). Region Head Regional 3, Bpk. Tri Septiono dalam kesempatannya menyampaikan portofolio Regional 3 salah satunya komoditi karet. “Karet masih mendominasi di kisaran 75 persen dan kita akan menuju di 25.000 hektar total areal karet TM dan TBM, sehingga butuh TTI 1.200 – 1500 Ha per tahunnya.” tuturnya. “Kita dominasi karet, alasannya adalah yang pertama areal topografi kita yang relatif bergelombang, sedangkan untuk areal yang datar sudah ditanami tebu seperti halnya Ngobo dan Getas ini tidak mungkin ditanami tebu, karena disamping topografinya juga karena sangat dekat dengan pemukiman” tambah Bpk. Tri Septiono. Dalam kunjungannya ke Regional 3 Bpk. Fauzi Omar merekomendasikan beberapa langkah strategis untuk meningk...

Rumah Sakit Sri Pamela Group siap Tranformasi Layanan Rawat Inap Sistem KRIS BPJS Kesehatan

  Tebing Tinggi, 29 Juli 2024 — Dalam upaya terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat, Rumah Sakit Sri Pamela Tebing Tinggi dengan bangga mengumumkan penerapan sistem KRIS (Komunikasi, Rujukan, Informasi, dan SPM) BPJS Kesehatan untuk seluruh layanan rawat inap. Sistem ini diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam cara layanan kesehatan dikelola, memberikan pengalaman yang lebih efisien dan efektif bagi pasien dan keluarga mereka. Sistem KRIS BPJS Kesehatan adalah inovasi teknologi yang memungkinkan pengelolaan informasi dan administrasi kesehatan secara digital. Sistem ini mencakup beberapa fitur utama seperti pendaftaran pasien secara elektronik, rujukan antar fasilitas kesehatan yang lebih cepat, serta integrasi informasi medis pasien. Dengan adanya sistem ini, proses-proses administratif yang biasanya memakan waktu dapat diselesaikan dengan lebih efisien, mengurangi waktu tunggu pasien dan meningkatkan responsivitas layanan kesehatan. Selain itu...