Perluas Pangsa Pasar Baru ke Turki dan Spanyol, PTPN I Regional 4 Targetkan Pendapatan Komoditas Tembakau 2024 Tembus 374,78 Miliar
SURABAYA – Sebagai salah satu
komoditas bisnis utama, kualitas tembakau PTPN I Regional 4 telah terbukti
diminati oleh sejumlah negara di dunia seperti Filipina, Amerika, Jerman,
Eropa, dan Amerika Latin. Maka tak ayal jika PTPN I Regional 4 optimis meraih
target pemasaran tembakau pada tahun 2024 dapat menembus angka Rp 374, 78
miliar.
“Kami memproyeksikan nilai pemasaran tembakau khususnya melalui
ekspor pada tahun 2024 dapat mencetak pendapatan perusahaan sebesar Rp 374, 78
miliar. Angka ini akan tercapai jika 100 persen dari target produksi tembakau
terpenuhi yaitu sebanyak 1.061 ton,” ujar Region Head PTPN I Regional 4
Subagiyo saat dijumpai wartawan pada Kamis (20/06).
Subagiyo juga menuturkan bahwa target tersebut merupakan bentuk
komitmen PTPN I Regional 4 sebagai bagian dari BUMN dalam mewujudkan surplus
neraca perdagangan sehingga dapat menambah pendapatan negara khususnya Jawa
Timur melalui sumbangsih devisa hasil ekspor.
Berdasarkan Rencana
Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP), per Mei 2024, PTPN I Regional 4 sudah mencapai ekspor
tembakau sebanyak 41%. Dengan kata lain, 436 ton tembakau kualitas tinggi telah
berhasil diekspor dan telah mampu mencatatkan pendapatan sebesar Rp 62,14
miliar.
Region Head PTPN I Regional 4 Subagiyo optimis tembakau produksi
PTPN I Regional 4 akan mampu terserap 98% oleh pangsa pasar dan ditargetkan
akan mendatangkan laba Aff Kebun sebesar Rp 61 miliar.
Oleh karena itu, sejumlah strategi pun telah disiapkan secara
matang, baik dari sisi operasional maupun pemasaran. Dari sisi operasional,
percepatan penyediaan bahan dan barang kebutuhan sarana produksi menjadi salah
satu fokus strategi PTPN I Regional 4.
“Kami terus pastikan strategi ini dapat dijalankan secara optimal.
Penguatan infrastruktur pendukung juga kami lakukan secara bertahap melalui
pembangunan gudang pengering. Selain itu, pengadaan alat mesin pertanian untuk
efisiensi kerja serta peningkatan keterlibatan Pusat Penelitian Tembakau dan QA
Kebun Tembakau sebagai verifikator hasil operasional di setiap fase proses
budidaya juga terus kami upayakan,” jelas Subagiyo.
Sementara itu dari sisi pemasaran, Subagiyo menjelaskan, PTPN I
Regional 4 berfokus pada penerapan strategi 4P, yaitu Product melalui peningkatan jumlah produksi top grade, Price melalui
penetapan harga yang dapat bersaing serta Place
and Promotion melalui
keterlibatan perusahaan secara aktif dalam agenda misi dagang dan pameran
internasional.
Subagiyo berharap sejumlah
strategi tersebut mampu mendukung peningkatan kualitas produksi dan future growth market terutama melaui
ekspor.
“Kini kami juga tengah berupaya untuk memperluas pangsa pasar baru
ke Turki dan Spanyol,” pungkasnya.
Komentar
Posting Komentar